Pengertian Noun - Kata Benda dalam Bahasa Inggris

Pengertian Noun – Kata Benda dalam Bahasa Inggris

Diposting pada

Pengertian Noun

Noun adalah kata dalam bahasa Inggris yang berfungsi sebagai nama beberapa benda atau benda tertentu, seperti: makhluk hidup, objek, tempat, tindakan, kualitas, keadaan eksistensi, atau gagasan.

Noun merupakan bagian dari part of speech, dan part of speech merupakan bagian dari jenis-jenis kata dalam bahasa inggris. Noun sendiri bisa berbentuk tunggal (singular) atau jamak (plural). Berikut adalah fungsi-fungsi noun dan 5 contoh kalimat noun.

Fungsi-Fungsi Noun

Noun memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

1. Sebagai subjek disuatu kalimat

Gondes has a book and reading it everyday.

2. Sebagai objek pelengkap di suatu kalimat

Agus is a footballer

3. Sebagai objek langsung (direct object)

Yosua bought bitcoin yesterday

4. Sebagai objek tak langsung (indirect object)

Adi gave his father a car

5. Sebagai kata keterangan (preposition)

Dimas read a book at library

Jenis-Jenis Noun

Noun memiliki 2 jenis, yaitu; Countable Noun dan Uncountable Noun (bisa juga disebut non-countable). Nah, untuk pembahasan kali saya akan menjelaskan jenis-jenis noun dan contoh kalimat jenis-jenis noun.

1. Countable Noun

Countable noun adalah kata benda atau (noun) yang bisa kita hitung. Misalnya, tree (pohon), stone (batu), trunk (batang pohon), pencil (pensil), book (buku) dan lain-lain. Bila kita ingin membuat kalimat yang menggunakan countable noun kita harus menggunakan kata tambahan “a/an” yang artinya adalah “sebuah”. Berikut contoh kalimat countable noun.

Contoh:

1. I have a pencil

2. She has a book

3. He has an apple

Bisa kita lihat contoh diatas bahwa kata tambahan “a/an” memiliki fungsi yang berbeda. Ya, kata tambahan “a” digunakan ketika kata benda dibelakangnya apabila diucap huruf depannya terdengar tidak seperti huruf vokal “a, i, u, e, atau o”.

Sedangkan, kata tambahan “an” sebaliknya digunakan ketika kata benda dibelakangnya apabila diucap huruf depannya terdengar seperti huruf vokal “a, i, u, e, atau o”.

Contoh:

My father has a university

My mother has an apple

Jangan sampai terkecoh antara kata tambahan “a/an” biasanya orang yang sedang belajar menggunakan countable noun, sering sekali terbalik menggunakan kata tambahan “a/an”.

Contohnya:

My grand mother has an university (SALAH!)

Contoh diatas memang di awali dengan huruf konsonan “u”, namun apabila terucap maka “university” menjadi “Yuniversity” tentu contoh diatas merupakan kalimat yang salah.

Baca juga: Pengertian Relative Pronouns – Kata Ganti Penghubung

2. Uncountable Noun (Non-Countable Noun)

Uncountable noun kebalikan dari countable noun, adalah sesuatu yang tidak bisa dihitung secara langsung, harus menambahkan satuan di depannya, misal sugar (gula), flavour (tepung) dan lain-lain. Berikut contoh kalimat uncountable noun:

Contohnya:

1. Aku beli gula satu kilogram

2. Dia beli beras satu liter

Uncountable noun pun tidak bisa kita tambahkan kata “a/an” (yang artinya “sebuah”) di depan kata benda. Namun, bisa juga ditambahkan “a/an” diikuti dengan kata lain yang mengindisikan satuan.

Masih bingung dengan contoh uncountable noun? nah, Saya akan memberikan sedikit contoh-contoh uncountable noun:

1. Tea (Teh)

2. Sugar (Gula)

3. Water (Air)

4. Money (Uang)

5. Rice (Nasi

Masih banyak contoh kalimat uncountable noun, kalian bisa mencarinya sendiri disekitar rumah kalian.

Perbedaan Countable noun dan Uncountable noun

  • Countable noun adalah kata benda atau (noun) yang bisa kita hitung, sedangkan Uncountable noun kebalikan dari countable noun, adalah sesuatu yang tidak bisa dihitung secara langsung.
  • Uncountable noun pun tidak bisa kita tambahkan kata “a/an” (yang artinya “sebuah”) di depan kata benda. Namun, bisa juga ditambahkan “a/an” diikuti dengan kata lain yang mengindisikan satuan.
  • Countable noun bisa berbentuk singular atau plural, sedangkan uncountable noun tidak.

Nah, sudah paham belum mengenai pengertian jenis jenis noun dari countable noun dan uncountable noun? eitss, ada sedikit penjelasan yang belum di jelaskan. Ya, tentang bentuk jamak atau (Plural) dari noun.

Bentuk Jamak atau (Plural) dari Kata Benda

Bentuk jamak atau (Plural) dari kata benda ditujukan untuk kata benda yang lebih dari satu. Bentuk jamak atau (Plural) memiliki aturan tersendiri, aturannya yaitu apabila kata benda lebih dari satu kita harus menambahkan akhiran “s/es” pada bagian akhir kata.

Hanya countable noun yang dapat menggunakan akhiran “s/es”pada bagian akhir kata untuk menandakan bahwa kata benda tersebut lebih dari satu (jamak).

Tidak semua countable noun berakhiran “e/es” untuk merubah bahwa kata tersebut merupakan jamak. Ada beberapa contoh countable noun yang tidak bisa di beri akhiran “e/es” pada akhir kata. Berikut contohnya:

1. Bacterium (Bacteria)

2. Child (Children)

3. Woman (Women)

4. Man (Men)

5. Mouse (Mice)

Diatas adalah contoh kata countable noun yang tidak bisa ditambahkan akhiran “e/es” pada akhir kata. Sudah paham kan?

Nah, mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini mengenai pengertian noun dan jenis-jenis noun beserta contoh kalimat noun. Terimakasih atas kunjungannya.